24 Agustus 2016 10:48:28
Ditulis oleh Admin

Visi dan Misi

Visi

 

Proses penyusunan RPJM Desa senori sebagai pedoman program kerja pemerintah Desa senori   ini dilakukan oleh lembaga-lembaga tingkat Desa dan seluruh warga masyarakat Senori maupun para pihak yang berkepentingan. RPJM Desa adalah pedoman program kerja untuk masa lima tahun yang merupakan turunan dari sebuah cita-cita yang ingin dicapai di masa depan oleh segenap warga masyarakat Desa Senori. Cita-cita  masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin diraih Desa Senori merupakan arah kebijakan dari RPJM Desa yang dirumuskan setiap lima tahun sekali. Cita-cita masa depan Desa Senori disebut juga sebagai Visi Desa.

Walaupun visi Desa Senori secara normatif menjadi tanggung jawab kepala Desa, namun dalam penyusunannya melibatkan segenap warga Senori melalui rangkaian panjang diskusi-diskusi formal dan informal. Visi Desa Senori semakin mendapatkan bentuknya bersamaan dengan terlaksananya rangkaian kegiatan dan musyawarah yang dilakukan untuk penyusunan RPJM Desa tahun 2017-2022. Dalam momentum inilah visi Desa Senori yang merupakan harapan dan doa semakin mendekatkan dengan kenyataan yang ada di Desa dan masyarakat. Kenyataan dimaksud merupakan potensi, permasalahan, maupun hambatan yang ada di Desa dan masyarakatnya, yang ada pada saat ini maupun ke depan.

Bersamaan dengan penetapan RPJM Desa Senori, dirumuskan dan ditetapkan juga Visi Desa Senori  sebagai berikut :

Terwujudnya Masyarakat Yang Relegius, Berkepribadian, Sejahtera dan Mandiri

Maksud kata relegius adalah keadaan warga yang menjalankan ajaran agamanya. Maksud kata kepribadian adalah masyarakat yang mau menjaga budaya local, berakhlaqul karimah, sopan dan santun terhadap sesama. Maksud kata sejahtera adalah keadaan warga yang tercukupi kebutuhan minimalnya meliputi, sandang, pangan, papan, pendidikan, kesehatan serta kebebasan melaksanakan  ibadah sesuai dengan keyakinan masing-masing dalam situasi aman dan damai. Maksud kata mandiri adalah keadaan  yang memiliki keberdayaan , sehingga mampu untuk menentukan sebuah pilihan sesuai dengan keinginannya (bergaining Potition) termasuk di dalamnya kemampuan untuk berpartisipasi dalam berbagai aktifitas pembangunan.

Keberadaan Visi ini merupakan cita-cita yang akan dituju di masa mendatang oleh segenap warga Desa Senori  Dengan visi ini diharapkan akan terwujud masyarakat Desa Senori yang maju dalam bidang pertanian sehingga bisa mengantarkan kehidupan yang rukun dan makmur. Di samping itu, diharapkan juga akan terjadi inovasi pembangunan desa di dalam berbagai bidang utamanya pertanian, perkebunan, peternakan, pertukangan, dan kebudayaan yang ditopang oleh nilai-nilai keagamaan.

 

4.2. Misi

Misi merupakan rumusan umum sebagai arahdan penggerak yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Adapun  Misi Pemerintah Desa Senori Kecamatan Merakurak adalah sebagai berikut:

  1. Mewujudkan dan mengembangkan kegiatan keagamaan untuk menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Mewujudkan dan mendorong terjadinya usaha-usaha kerukunan antar dan intern warga masyarakat yang disebabkan karena adanya perbedaan agama, keyakinan, organisasi, dan lainnya dalam suasana saling menghargai dan menghormati;
  3. Mewujudkan masyarakat yang mau menjaga adat istiadat, sopan santunterhadap sesama;
  4. Penyelenggaraan tata pemerintahan Desa yang baik dan bersih (Good and Clean Governance);
  5. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM);
  6. Pengelolaan sumber daya alam yang berpihak pada masyarakat lokal dan berkelanjutan;
  7. Mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan warga yang berkelanjutan;
  8. Peningkatan pembangunan sarana prasarana yang dapat menunjang kegiatan masyarakat;
  9. Meningkatkan pelayanan masyarakat secara terpadu dan serius.
  10. Menumbuhkembangkan usaha kecil dan menengah.
  11. Membangun dan mendorong majunya bidang pendidikan baik formal maupun informal yang mudah diakses dan dinikmati seluruh warga masyarakat tanpa terkecuali yang mampu menghasilkan insan intelektual, inovatif dan enterpreneur (wirausahawan).

Membangun dan mendorong usaha-usaha untuk pengembangan dan optimalisasi sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, baik tahap produksi maupun tahap pengolahan hasilnya.



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus