26 Agustus 2016 15:38:09
Ditulis oleh Admin

Sejarah Desa

Legenda Desa

Setiap desa pasti memiliki sejarahnya masing-masing demikian halnya dengan Desa Senori. Sejarah asal muasal desa seringkali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun-temurun dan disampaikan dari mulut kemulut. Sehingga sulit dibuktikan kebenarannya secara fakta.

Salah satu cerita yang sudah melegenda tentang asal-usul Desa Senori yaitu berasal dari kata “setori” yang maknanya adalah silang pendapat.

Dahulu kala Desa Senori masih berupa hutan belantara yang belum dihuni oleh penduduk seperti saat ini. Yang menghuni kala itu adalah hanya dua orang yaitu Mbok Rondo Kuning dan DJoko Bodho.

Dikisahkan bahwa Mbok Rondo Kuning dan Djoko Bodho adalah dua tokoh yang babat alas Desa Senori. Mereka berbagi tugas yaitu Mbok Rondo Kuning yang memasak dan mengirim bekal makanan, sedangkan Djoko Bodho babat alas.

Namun demikian diantara keduanya tidaklah selalu sependapat , tapi acap kali berbeda pendapat untuk mengatur  wilayah.  Dan pada puncaknya Mbok Rondo Kuning mengusulkan agar pembagian wilayah sebaiknya ditentukan dengan membakar kayu yang selanjutnya dimana abu yang beterbangan karena tiupan angin itulah yang menjadi wilayah Mbok Rondo Kuning yanag sealanjutnya dikenal dengan Senori, sedangkan yang tidak dijatuhi abu atau daerah pembakaran menjadi wilayah Djoko Bodho yang selanjutnya dinamai Gemuntur. Dan mereka saling menerima.

Sehingga sampai sekarang silang pendapat itu tetap  ada dan menjadi ciri demokrasi  untuk memajukan Desa.

 

Sejarah Pemerintahan Desa

 

Sejarah pemerintahan desa Senori tidak tercatat atau tidak ditemukan dalam administrasi pemerintahan desa, sehingga sejarah pemerintahan desa tidak bisa diketahuai secara pasti, ini dikarenakan tidak adanya kepedulian atau kesadaran masyarakat akan pentingnya sejarah pemerintahan desa. Data sejarah pemerintahan desa ini kami peroleh dari Bapak K.H.Ahmad Afwan yang merupakan sesepuh Desa dan pernah menjabat sebagai Kepala Desa.

 

Sejarah Pemerintahan Desa Senori dapat kami jabarkan sebagai berikut :

Pada sekitar tahun 1942 an

Dari masa berdiri sampai sekarang Desa Senori telah mengalami pergantian Kepala Desa. Adapun beberapa nama Kepala Desa mulai dari tahun 1942-an sampai tahun 2016 adalah sebagai berikut :

No

Tahun

Nama

Asal Dusun

1

2

3

4

5

6

1942 -1965

1966-1974

1974-1996

1999-2006

2007 -2013

2013 sampai sekarang

DALIMAN

MASRAM

H. A. AFWAN

SAIFUL MUNIR

TARNUJI

SAIFUL MUNIR

Senori

Senori

Senori

Senori

Senori

Senori





Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus