14 Mei 2020 12:46:50
Ditulis oleh Admin

Senori Musdes Validasi ,Finalisasi dan Penetapan Calon KK Penerima BLT Dana Desa Tahun 2020

http://senori-merakurak.desa.id/  Pemerintah Desa sebagai ujung tombak, Pemerintahan di tingkat bawah harus selalu siap menjalankan tugas dari Pemerintah Pusat, salah satunya yaitu yang berhubungan dengan terdampaknya warga masyarakat dengan adanya Covid-19 ini. Menindaklanjuti Peraturan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia terkait prioritas Dana Desa yang digunakan untuk penanganan Covid-19, diantaranya pemberian Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD).

Serta Surat Edaran Sekda Tuban, terkait Penyaluran BLT-DD maka Pemerintahan Desa Senori menyelenggarakan Musyawarah Desa Khusus tentang Validasi, Finalisasi dan Penetapan Kepala Keluarga Calon Penerima BLT-DD, pada hari Kamis yang bertempat di Pendopo Balai  Desa Senori (14/5/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Pendamping APBDes Kecamatan Merakurak, Pendamping Lokal Desa, Sekcam, Kasi Pemerintahan dan Kasi PMD Kecamatan Merakurak, Kepala Desa beserta Perangkatnya, BPD, serta semua Ketua RT/RW dalam Kegiatan rapat Validasi, Finalisasi dan Penetapan Calon  KK Penerima BLT-DD di mulai Jam 09.30 WIB.

Pemerintah Desa wajib mengalokasikan dan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) untuk meringankan beban masyarakat akibat adanya Covid-19. Penyaluran BLT-DD nantinya akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa dalam bentuk Uang Tunai.

Sasaran penerima BLT-DD adalah Keluarga Miskin dengan kriteria :

  1. Kehilangan mata pencaharian/pekerjaan;
  2. Mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis;
  3. Tidak masuk dalam penerima Program Keluarga Harapan (PKH);
  4. Tidak masuk dalam penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT);
  5. Salah satu/lebih anggota keluarganya bukan penerima kartu Pra-Kerja; dan
  6. Bukan penerima bantuan-bantuan lainnya dari Pemerintah (BLT Kemensos, dll).

Keluarga  yang layak dan memenuhi kriteria dalam pendataan akan mendapatkan BLT-DD yang akan diberikan sebesar Rp600.000,00 (enam ratus ribu rupiah) selama 3 (tiga) bulan dan dimulai pada bulan Mei 2020.

"Jangan ada lagi stigma di masyarakat kalau yang akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai adalah keluarganya pamong dan keluarganya Ketua RT, karena sudah di lakukan pendataan sesuai petunjuk dari Pemerintah Pusat dan Kabupaten", Kasi Pemerintahan Kcm.Merakurak.

 Pendataan Keluarga Calon Penerima BLT-DD ini dipandu dan diawasi langsung oleh Anggota BPD sesuai wilayah kerjanya dan terbagi dalam 3 Zona yang masing-masing membawahi 8 RT, dimana masing-masing kelompok ada 3 orang tim pendata dan  ketua RT sebagai pendamping/ menyetorkan data usulan.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengelompokkan keluarga miskin penerima PKH, BPNT, BPNTD dan BLT Kemensos dan bantuan lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi dan validasi Sejumlah  52 KK yang dianggap layak menerima Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa ini (Rufal/Snr).   



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus