Pelatihan dan Penyuluhan Tata Boga Desa Senori 2024

  • Jul 10, 2024
  • Senori

Pemeritah Desa Senori, Kecamtan Merakurak Kabupaten Tuban Mengelar pelatihan tata boga, untuk mengembangkan ekonomi warga  dengan memberikan serangkaian pelatihan, mulai dari pengenalan alat masak resep serta tata cara memasaknya.  

 Dengan menggandeng PKK dan ibu- ibu RT  yang ingin belajar dan ingin membuka usaha, bukan mereka yang sudah membuka usaha," ujar Kades Saiful dalam keterangannya, Rabu (10/07/2024).

"Pelatihan tata boga ini merupakan bentuk adopsi animo masyarakat Desa Senori, untuk meningkatkan keterampilannya. Sehingga, tujuan untuk mendorong masyarakat membuka usaha baru bisa tercapai," sambungnya.

Saiful Munir  mengatakan, pelatihan tersebut akan digelar selama 2 hari kedepan dengan
memperkenalkan, beragam alat masak, pelatihan  5 resep ,penyajian dan pemasaran hingga teknik penyimpanan bahan baku. 

Selama pelatihan, pihaknya pelaksana anggaran menghadirkan dua cheff yang berkompeten pada bidang tata boga, yang di hadirkan langsung dari SMK N 2 Tuban.

"Pelatihan akan berlangsung secara keseluruhan, agar para peserta mendapat ilmu secara total," kata Pelatih.

"Jadi para peserta akan benar-benar dapat menggunakan ilmu yang diberikan sebagai modal memulai usaha jangka panjang, sehingga dapat membantu perekonomian keluarga," imbuhnya.

Lebih lanjut Ketua TP PKK Desa Senori yang juga turut hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut, Sukalmiati mengharapkan, pelatihan tata boga itu, dapat meningkatkan geliat usaha rumah tangga di masyarakat.

Terlebih, dapat membantu perekonomian keluarga ditengah banyaknya kasus PHK, di situasi saat ini. 

"Melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat lebih berkreatifitas, serta mengembangkan ilmu yang didapat lebih luas lagi," ucapnya.

Semoga sejumlah 30 peserta ini kedepanya bisa menularkan ilmu yang di dapat, karena terbatasnya kuota yang ada, Tutupnya.

"Terlebih bisa menghasilkan produk-produk makanan khas Desa Senori," ( ruf/snr)